Langkah Menjaga Tanaman supaya Tumbuh Subur

0

MANTAP168. Pada wabah COVID-19 tempo hari tentunya membuat kalian coba banyak hal baru, satu diantaranya dengan bercocok tanam. Pelajari langkah menjaga tanaman bisa jadi kegiatan yang asyik untuk dilaksanakan. Saat kamu sukses membuat taman yang cantik dan subur, tentu saja akan berbahagia, bukan ?

Langkah Menjaga Tanaman

Ada 13 langkah menjaga tanaman yang bisa kamu coba supaya bisa membuat taman yang cantik dan tumbuh subur :

Pilih tempat tanam yang pas

Langkah menjaga tanaman hias secara baik, pertama kali kamu harus tentukan tempat tanam yang pas untuk tanaman.

Tempat tanam rupanya tidak cuma tanah saja loh, Ruppers. Ada kombinasi yang lain harus kamu tambah pada tempat tanam, seperti humus, sekam padi, sabut kelapa, serbuk kayu, dan sebagainya. Kamu bisa memakai air sebagai tempat tanam untuk tumbuhan hidroponik atau aquaponik.

Pilih tempat untuk menanam

Kamu harus juga pilih lokasi yang pas untuk menanam, karena langkah menjaga tanaman dalam pot bisa jadi berlainan dengan di polybag atau di tanah langsung.

Kamu harus tentukan akan menempatkan tanamanmu di mana supaya tidak keliru dalam memberi kandungan air pada tanaman.

Pilih tanaman yang pas

Untuk percantik rumah, ada banyak tipe tanaman hias yang bisa kamu pakai. Tetapi, kamu harus pilih tanaman yang pas supaya bisa ketahui langkah menjaga tanaman secara baik.

Upayakan untuk pilih tanaman yang bisa hidup pada temperatur ruang (±25°C) agar tumbuh secara baik di rumahmu.

Memberikan cahaya matahari yang cukup

Upayakan untuk menempatkan tanaman di lokasi yang memperoleh cahaya matahari yang cukup, terhitung tanaman indoor. Cahaya matahari sebagai poin penting untuk langkah menjaga tanaman yang bagus.

Tanaman memerlukan cahaya matahari untuk berfotosintesis, begitupun tanaman indoor . Maka, keluarkanlah tanaman indoor di rumahmu dengan teratur supaya bisa mendapat cahaya matahari yang cukup.

Menyirami tanaman dengan tehnik yang pas

Langkah menjaga tanaman seterusnya yang penting ialah lakukan penyiraman tanaman dengan tehnik yang pas dan teratur. Ini dilaksanakan supaya suplai air pada tanaman dapat tercukupi.

Jangan dibiarkan air menggenang pada tanaman karena bisa tutup lajur oksigen untuk tanaman. Siramlah tanaman kamu secara rata, tidak begitu sedikit atau banyak.

Mengeset suhu dan kelembapan

Pastikanlah kamu ketahui apa tanaman yang kamu rawat dapat tumbuh pada suhu lingkungan rumahmu.

Disamping itu, kamu harus juga pastikan kelembapan udara pada tempat kamu menjaga tanaman. Kamu bisa menyiasatinya dengan memakai air humidifier supaya kelembapan tanamanmu dapat terbangun.

Pastikan tanaman bebas dari hama

Menghindari tanaman dari hama dan penyakit sebagai langkah menjaga tanaman yang harus tahu.

Kamu bisa membuat tanamanmu terbebas dari hama dengan memberi gizi yang bagus untuk tanaman, jaga kualitas tanah, mengalihkan tanaman dengan teratur, dan memotong rumput liar disekitaran tanaman kamu.

Menggunting sisi yang kering atau mati

Bila kamu menyaksikan ada sisi dari tanaman yang kering atau mati, selekasnya potong dan buang sisi rusak itu ya, Ruppers.

Sisi tanaman yang rusak itu bisa menebarkan kerusakan ke yang hidup dan bagus . Maka, selekasnya potong sisi yang kering atau mati itu supaya tidak mengusik keseluruhnya tanamanmu ya.

Memakai pupuk alami

Jauhi pemakaian pupuk kimia ya, Ruppers. Kamu bisa memakai pupuk alami, seperti pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk organik, atau pupuk daur ulangi supaya tanamanmu dapat tumbuh subur.

Memberikan gizi penting untuk tanaman

Langkah menjaga tanaman seterusnya yang juga sangat penting ialah memberi gizi penting untuk tanaman kamu. Gizi yang diperlukan tanaman ialah nitrogen, potasium, fosfor, kalsium, magnesium, dan sulfur.

Gizi itu sebetulnya telah berada di dalam tanah, tetapi akan lenyap seiring waktu berjalan . Maka, kamu bisa memberikan gizi itu ke tanaman kamu dengan terpisah atau mungkin dengan menukar tanah dengan teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *